• Acara diselenggarakan pada tanggal 14-17 Maret 2020 dan bertempat di Pondok Hajjah Nuriyah Shobron, Makamhaji-Kartosuro.
  • Materi Kuliah Umum disampaikan oleh Dr. Muthohharun Jinan (Direktur Pesantren Mahasiswa Hajjah Nuriyah Shabran UMS) dengan tema “Hikmah diciptakannya Makhluk Allah”

Resume Materi Kuliah Umum:

  1. Merujuk dari ayat Alquran surat Ali Imron ayat 190-191. Bahwa setiap penciptaan Allah akan ada hikmahnya, mulai yang terkecil hingga yang terbesar.
  2. Allah menciptakan binatang-binatang dan tumbuhan sebagai ujian bagi manusia. Tidak harus berupa makanan buat satu mahkluk tapi juga sebagai fungsi keimanan.
  3. Semua makhluk diciptakan sebagai bahan ujian agar manusia menjadi selalu waspada, dan sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah agar manusia semakin taat.
  4. Hikmah selanjutnya adalah agar manusia mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan bekerja keras dalam menemukan obat-obatan, ilmu tentang penyakit, dan sekaligus pencegahannya.
  5. Banyak makhluk yang berbahaya, tetapi adanya itu akan semakin memacu manusia untuk menguatkan pertahanan dan kekuatan.

Dokumentasi: