• Acara diselenggarakan pada tanggal 2-4 Maret 2020 dan bertempat di Pondok Hajjah Nuriyah Shobron, Makamhaji-Kartosuro.
  • Materi Kuliah Umum disampaikan oleh Prof. Ir. Sarjito, M.T., Ph.D., IPM. (Wakil Rektor II UMS) dengan tema
    “Ibadah menumbuhkan Kesungguhan”.

Resume Materi Kuliah Umum:

  1. Hidup itu bagaikan siang dan malam. Kalau dalam siang ada harapan istrahat di malam harinya. Kalau dalam keadaan malam, siangpun akan memberikan kebaikan dengan ibadah.
  2. Maka untuk mengisi waktu malam dan siang itu harus diisi dengan ibadah. Ibadah itu adalah hak Allah. Sehingga menjadi kewajiban utama manusia.
  3. Ibadah itu kebaikan yang akan kembali kepada hamba (manusia). Maka kalau tidak melakukan ibadah tidak akan ada kebaikan bagi manusia.
  4. Ibadah itu adalah jihad. Jadi kalau ibadah adalah kesungguhan. Maka jihad yang benar adalah ibadah yang baik sesuai dengan tuntunan dan ilmu. Dan harus ikhlas.
  5. Ibadah dan Kaidah. Keduanya saling terkait. Ibadah yang benar dibangun atas dasar kaidah yang kokoh. Jadi harus diperhatikan kaidahnya saat kita ibadah.
  6. Sumber kaidah itu adalah Al-Qur’an dan Sunnah. Yang tidak (berangkat) dari keduanya maka ibadah yang tidak sesuai kaidah, maka disebut bi’dah. Ibadah itu yang diterima, bid’ah yang tertolak.

Dokumentasi: