Berdasarkan pengalaman sejak tahun 1983 dirasakan bahwa pembelajaran agama yang diterapkan atau dilakukan hanya menyentuh pada aspek kognitif saja, belum menyentuh aspek afektif maupun psikomotorik. Sementara Bloom pernah mengatakan bahwa manusia memiliki 3 (tiga) potensi, yaitu kognisi, afeksi dan psikomotor. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan atau perubahan pendekatan dalam pembelajaran. Maka mulai tahun 2005 pembelajaran Agama dan Ibadah Muamalah dilaksanakan dalam bentuk Baitul Arqam yang diselenggarakan oleh LPPIK-UMS. Tujuan kegiatan ini supaya terdapat perubahan dalam aspek pengetahuan keagamaan, sikap dan perilaku (akhlak) bagi mahasiswa.

Dalam rangka menambah wawasan dalam pengelolaan Baitul Arqam, maka pada hari Kamis, 16 Januari 2020 pengelola dan fasilitator di bawah koordinasi bapak Drs. Saifuddin, M.Ag. mengadakan Studi Akademik ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dalam kunjungan tersebut rombongan dari LPPIK diterima langsung oleh ibu Ir. Muhtadawati (Kabag. AIK UMM).

Ibu Muhtadawati menjelaskan bawah pembinaan AIK di UMM dilaksanakan dalam model Baitul Arqam selama 7 hari dibawah koordinasi unit P2KK (Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan) merupakan program pembentukan karakter yang diberikan kepada seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjawab kebutuhan lulusan perguruan tinggi dengan kualitas personal yang baik. Beberapa metode digunakan pelaksanaan P2KK, antara lain outboundclassical learning (in door), role play (praktek skill), psychogame, diskusi, dan simulasi. Adapun materi yang disampaikan adalah mengenai ketrampilan beribadah, keislaman, ketrampilan akademik, kepemimpinan, kepribadian, budaya perguruan tinggi dan outbound kepemimpinan.